Print this page

ANUGERAH KASN 2018: Apresiasi atas Kepatuhan Pelaksanaan UU-ASN dan Inovasi Penerapan Sistem Merit

Written by  Jul 20, 2018

Pelaksanaan pengisian jabatan pimpinan tinggi pada instansi pemerintah melalui seleksi secara terbuka dan kompetitif, merupakan bagian dari penerapan sistem merit dalam Manajemen ASN, sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) memiliki kewenangan untuk mengawasi setiap tahapan proses pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi mulai dari pembentukan panitia seleksi instansi, pengumuman lowongan, pelaksanaan seleksi, pengusulan nama calon, penetapan, dan pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi.

Berdasarkan hasil pengawasan yang dilakukan oleh KASN, tingkat kepatuhan dan kualitas tata kelola pelaksanaan seleksi terbuka pada instansi pemerintah semakin meningkat. Disamping itu, beberapa instansi telah mengembangkan inovasi bagi penguatan penerapan sistem merit dalam manajeman ASN sebagaimana diamanatkan UU-ASN. Atas hal tersebut, KASN bermaksud untuk memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas komitmen, kepatuhan dan kinerja terbaik bagi instansi yang telah melaksanakan amanat UU-ASN dalam bentuk penghargaan "Anugerah KASN 2018".

Pada hari Kamis, 19 Juli 2018 bertempat di Kantor KASN, diselenggarakan rapat pembahasan persiapan "Anugerah KASN 2018". Rapat dipimpin Dr. Waluyo, Komisioner KASN Bidang Pengawasan, Monitoring dan Evaluasi, yang dihadiri Komisioner KASN Bidang Pengkajian dan Pengembangan Sistem, Dr. Nuraida Mokhsen, Tim Panel Ahli dan Asisten Komisioner KASN. Rapat membahas penajaman instrumen penilaian; mekanisme penjaringan nominasi instansi pemerintah, dan  rencana validasi data dan informasi, serta penilaian oleh Tim Panel Ahli.

 

 

Dr. Waluyo menyampaikan bahwa tujuan pemberian "Anugerah KASN 2018" adalah: (1) Memberikan apresiasi atas komitmen dan prestasi kinerja instansi pemerintah, yang telah menerapkan sistem merit dalam pengisian JPT melalui seleksi terbuka sebagaimana diamanatkan UU-ASN; (2) Mendorong peningkatan kepatuhan dan kualitas tata kelola pelaksanaan seleksi terbuka JPT; (3) Memberikan penghargaan atas inovasi penguatan penerapan sistem merit dalam manajemen aparatur sipil negara, dan (4) Menyebarluaskan praktek-praktek terbaik (best practices) dalam pelaksanaan pengisian JPT melalui seleksi terbuka, sebagai pembelajaran bagi instansi pemerintah lainnya.

Untuk memastikan bahwa proses penilaian "Anugerah KASN 2018" dapat berjalan secara obyektif, profesional dan independen maka dibentuk Tim Panel Ahli yang terdiri dari unsur eksternal KASN dan didukung unsur internal KASN. Unsur eksternal merepresentasikan ketokohan, kredibilitas, kontribusi dan perannya dalam mewujudkan dan mendorong tata kelola kepemerintahan yang baik sesuai bidang keahlian dan profesinya. Tim Panel Ahli "Anugerah KASN 2018" dari unsur eksternal, beranggotakan yakni:

1.     Dr. Azwar Abubakar, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi 2011-2014. 

2.     Prof. Dr. Eko Prasojo, Dekan FIA Universitas Indonesia

3.     Prof. Dr. JB Kristiadi, Tim Independen Reformasi Birokrasi Nasional (TIRBN).

4.     Teguh Widjinarko, MPA, Staf Ahli Bidang Budaya Kerja, Kementerian PAN dan RB

5.     Drs. Hamdani, MM, M.Si, AK, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kementerian Dalam Negeri

6.     Dr. Dwi Soetjipto, Direktur Utama Pertamina 2014-2017

7.     Mas Ahmad Daniri, Ketua Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG)

8.     Yulina Setiawati, SH, MM, Asesor Utama Badan Kepegawaian Negara

9.     R Endi Djaweng, Direktur Eksekutif Komite Pemantau Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD).

10.  Yosep Stanley Adi Prasetyo, Ketua Dewan Pers Indonesia.