Tingkatkan Kapasitas Pengguna SIJAPTI Instansi Pemerintah, KASN Buka Layanan Coaching Clinic

Tingkatkan Kapasitas Pengguna SIJAPTI Instansi Pemerintah, KASN Buka Layanan Coaching Clinic

Written by  Jun 14, 2019

 

Aplikasi Sistem Informasi Jabatan Pimpinan Tinggi (SIJAPTI)  sebagai sarana mempermudah penguna (Instansi Pemerintah) dan efisien dalam proses pengisian JPT melalui seleksi terbuka.(Dok. Pokja Monev)

 

 JAKARTA – Komisi ASN terus berbenah dalam meningkatkan layanan publiknya untuk memberikan kemudahan, kecepatan, ketepatan dan efisiensi anggaran kepada para stakeholdersnya khususnya dalam proses tahapan pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi pada Instansi Pemerintah baik Pusat maupun Daerah. Atas dasar itu, Komisi ASN pada tahun 2017 telah melaunching Aplikasi Sistem Informasi Jabatan Pimpinan Tinggi atau dikenal SIJAPTI. Dengan aplikasi Sijapti ini, Instansi pemerintah yang semula mengajukan permohonan pengisian jabatan pimpinan tinggi dengan dokumen yang banyak dan tentunya tebal dan berat secara langsung ke Komisi ASN di Jakarta,  berubah menjadi pengajuan secara online. Tentunya perubahan sistem ini bermanfaat sekali dan membawa dampak positif dalam peningkatan kualitas tata kelola pengisian JPT. Para pelaksana khususnya dari daerah tidak perlu datang ke Jakarta dengan mengeluarkan  biaya tinggi dan waktu panjang untuk berkonsultasi atau mendapatkan persetujuan atau Rekomendasi KASN. Keseluruhan proses seleksi, mulai dari konsultasi, penyampaian dokumen rencana seleksi dan laporan hasil seleksi, serta dokumentasi database JPT cukup dilakukan melalui aplikasi SIJAPTI.

Dalam rangka percepatan pencapaian target 100 % penggunaan Aplikasi SIJAPTI pada tahun 2019,   menurut Asisten KASN Bidang Pengawasan, Monitoring dan Evaluasi Irwansyah menyatakan bahwa selain melakukan sosialisasi, pertemuan evaluasi tahunan untuk mendapatkan masukan terkait implementasi pengisian JPT, pengembangan aplikasi SIJAPTI, Komisi ASN membuka layanan Coaching Clinic penggunaan SIJAPTI yang dijadwalkan setiap hari Selasa minggu kedua Pukul 09:00-12:00 setiap bulannya yang bertempat di Kantor komisi ASN Jakarta Selatan. Layanan ini tidak dipunggut biaya, peserta datang dengan membawa laptop masing-masing dan Instruktur KASN siap memberikan bimbingan (coach), sampai peserta betul-betul paham dan siap mengoperasionalkannya. Setelah pelatihan peserta tetap bisa berkonsultasi kapan saja melalui aplikasi atau sarana media sosial yang ada dengan pengelola SIJAPTI KASN.  

Terkait pelaksanaan Coaching Clinic SIJAPTI, setiap instansi pemerintah dipersilahkan mengirimkan Operator SIJAPTI yang telah ditunjuk untuk mengikuti coaching clinic. Diharapkan sebelum  mengikuti coaching clinic tersebut, instansi pemerintah/peserta terlebih dahulu menghubungi Pengelola SIJAPTI KASN atas nama Sdr. Bona Pardede (Nomor HP.081317150221, alamat email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.).

Berdasarkan data base JPT pada Aplikasi SIJAPTI keadaan Mei 2019, Instansi Pemerintah yang sudah terdaftar pada SIJAPTI dari 706 IP yaitu sebanyak 519  atau 74 %, yang terdiri dari 32 (89% dari 34) Kementerian, 36 LPNK dan LNS (29 % dari 124), 34 (100% dari 34)  Provinsi, 338 (81.3% dari 416) Kabupaten dan 79 (80.6% dari 98) Kota. Dari data tersebut, dapat diketahui LPNK dan LNS masih sedikit yang terdaftar pada SIJAPTI. Menjadi Prioritas Utama bagi KASN pada tahun 2019 ini untuk mengenjot instansi pemerintah khususnya LPNK dan LNS yang belum terdaftar untuk segera mendaftarkan instansinya ke Komisi ASN. Adapun mekanismenya yaitu melalui pokja Monitoring dan Evaluasi dengan mengirimkan SK Penunjukan Operator SIJAPTI beserta biodata Operator SIJAPTI dari instansi terkait (yang berisi nomor HP dan alamat email yang dapat dihubungi) melalui email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.. Komisi ASN tidak akan memproses pengajuan rekomendasi  pengisian JPT, apabila  belum dilakukan melalui aplikasi SIJAPTI. (NA/PA/KomisiASN).


Contact Person: Novita (Staf Bidang Promosi dan Advokasi), No. HP/WA : +62-81380024650, Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

----- Download Lembar Berita -----

 

Last modified on Monday, 17 June 2019 13:29

Agenda Kegiatan

« July 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31        

Berita Terkini