Reformasi Birokrasi di KASN telah Berjalan Baik

Written by  Dec 06, 2019

(Jakarta, 05/12/19), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) melakukan evaluasi terhadap Reformasi Birokrasi (RB) di lingkungan KASN yang dilaksanakan di Hotel Ambhara, Jakarta. Tim yang dipimpin oleh Asisten Deputi Pengelolaan Pengaduan Aparatur dan Masyarakat KemenPANRB, Agus Uji Hantara, sebagai Penanggung Jawab Tim Evaluasi, bersama 7 (tujuh) anggota tim lainnya melakukan penilaian obyektif terhadap 8 area perubahan RB yang secara riil dilakukan di Lingkungan KASN.

 

Foto Bapak Tasdik 2

 

Dari unsur pimpinan hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain: Wakil Ketua Tasdik Kinanto, dan jajaran anggota KASN yakni: Sri Hadiati Wara Kustriani., Prof. Dr. Agustinus Fatem, dan Dr.Arie Budhiman, MSi. Wakil Ketua KASN, Tasdik Kinanto, dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan RB mencerminkan keseriusan KASN dalam memperbaiki kualitas pelayanan publik. Lebih dari itu, capaian pada setiap area perubahan RB juga merepresentasikan perbaikan kelembagaan KASN secara menyeluruh.

Dalam kesempatan yang sama, Sri Hadiati W.K., Komisioner KASN Bidang Pengkajian dan Pengembangan Sistem menyampaikan paparan mengenai capaian pelaksanaan RB di KASN secara komprehensif. Ibu Ati, sapaan akrabnya, menyampaikan bahwa birokrasi KASN sudah reformed. “Pelaksanaan RB di lingkungan KASN sudah dimulai sejak lama, dan telah ditunjukkan dengan kinerja yang sangat baik. Dalam kesempatan tahun ini, kami menyambut baik kehadiran Tim Evaluasi RB dari KemenPANRB untuk menilai secara langsung dan obyektif, termasuk evidence atas pencapaian RB tersebut”, ujarnya.

 

Foto Presentasi Ibu Atik 3

 

Foto panel KASN 4

 

Pelaksanaan evaluasi dimulai dengan penjelasan mengenai tata cara serta komponen penilaian RB yang disampaikan oleh Agus Uji Hantara, selaku ketua tim evaluator. Dalam kesempatan tersebut, disampaikan bahwa tujuan utama dari evaluasi RB di seluruh instansi pemerintah adalah untuk memberikan masukan perbaikan sehingga pelayanan publik kedepannya dapat terus diperbaiki.

Sri Hadiati menjelaskan secara komprehensif Tahapan Reformasi Birokrasi di KASN yang meliputi tahap identifikasi permasalahan birokrasi internal, road map RB KASN, tahapan implementasi pada 8 area perubhan dan tahap evaluasi dan perbaikan berkesinambungan. Secara mendalam juga dijelaskan cascading kinerja mulai dari level kinerja organisasi, kinerja anggota/komisoner KASN, kinerja asisten komisioner dan hingga pada level pelaksana. “Proses bisnis di KASN telah lengkap dan diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas. Bahkan, untuk mempercepat pelayanan dalam pengawasan pengisian JPT dan sistem merit telah menggunakan SIJAPTI (Sistem Informasi Jabatan Pimpinan Tinggi) dan SIPINTER (Sistem Informasi Penilaian Mandiri Penerapan Sistem Merit)” ujar Bu Atik. 

 

Foto Assesor RB Kemenpan 5

 

Kegiatan evaluasi dilanjutkan dengan pendalaman terkait capaian RB untuk setiap area perubahan. Masing-masing penanggungjawab area perubahan memberikan paparan terkait capaian yang telah dilaksanakan sekaligus menunjukkan evidences dalam bentuk soft dan hard file. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan tanya-jawab dari tim evaluator kepada penanggungjawab di masing-masing area perubahan.

Tim evaluator KemenPANRB mengapresiasi langkah-langkah KASN dalam rangka meningkatkan efektivitas pelayanan publik melalui implementasi e-government, baik untuk pelayanan internal maupun eksternal institusi seperti Aplikasi Sijapti, Sipinter, Lapor KASN, Sikuppa dan beberapa aplikasi pendukung lainnya.

Abdul Hakim, Kepala Sekretariat KASN, dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan bahwa dengan berbagai keterbatasan, KASN selalu berupaya memperbaiki pelayanan publik, khususnya melalui implementasi aplikasi elektronik, terutama kepada instansi pemerintah mitra kerja KASN di seluruh Indonesia sebagai customer utama dari layanan pengawasan yang dilaksanakan sesuai mandat UU-ASN. Mitra kerja KASN adalah 719 instansi pemerintah yang meliputi instansi kementerian, lembaga dan pemerintah daerah. Beberapa program dan kegiatan yang dilaksanakan KASN masuk sebagai kegiatan Prioritas Nasional dalam RPJMN dan RKP, dan telah memberikan kontribusi bagi peningkatan indeks efektivitas pemerintah (Government Effectiveness Index)

“Catatan dan saran-saran perbaikan dari Tim Evaluasi RB akan menjadi dasar perbaikan dan penyempurnaan secara berkelanjutan. Proses evaluasi RB hari ini, bukan akhir dari pelaksanaan RB di KASN, namun merupakan upaya bersama untuk terus menerus melakukan perbaikan baik dari sisi SDM, organisasi, tata laksana dan tentunya kinerja yang semakin baik,” ujar Abdul Hakim, yang sekaligus sebagai Ketua Tim Pelaksana Reformasi Birokrasi KASN.

Setelah mendalami capaian pelaksanaan RB di setiap area perubahan, tim evaluator KemenPANRB menilai bahwa secara umum Reformasi Birokrasi di Lingkungan KASN sudah baik. Bukti-bukti di setiap area perubahan RB sudah dapat menjelaskan dengan baik struktur pelaksanaan RB di KASN secara komprehensif dan terintegrasi satu dengan yang lain.

Menindaklanjuti hasil tersebut, seluruh jajaran pimpinan, pejabat struktural serta pelaksana di lingkungan KASN memiliki komitmen yang bersama untuk terus memperbaiki pelaksanaan RB. Hasil ini menjadi salah satu langkah awal bagi KASN dalam rangka memepercepat perwujudan ASN yang lebih profesional, berkinerja, adil dan netral. (Humas/KASN)

JADWAL SHOLAT

 

Government Public Relations

 

Agenda Kegiatan

« April 2020 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30      

Berita Terkini