KASN Mengawal Terwujudnya SDM-ASN Unggul

Written by  Dec 12, 2019

Komisi Aparatur SIpil Negara sebagai lembaga independen yang dibentuk berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2019 Tahun 2019 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki tugas mengawal pelaksanaan sistem merit dalam kebijakan dan manajemen ASN. Penerapan sistem merit merupakan syarat utama untuk dapat menjamin penyelenggaraan birokrasi pemerintah yang efektif dan efisien, serta memberikan pelayanan secara prima.

Program prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin periode tahun 2019-2024 diantaranya mewujudkan  sumber daya manusia yang unggul sebagai asset pembangunan nasional. Pembangunan SDM Unggul tentunya termasuk di dalamnya mewujudkan aparatur sipil negara (ASN) yang memiliki kompetensi tinggi dan mencapai kinerja terbaik serta berintegritas untuk mendukung birokrasi yang bersih dan melayani.

 

kasn jokowi

 

Dalam kesempatan audiensi dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, hari Rabu, 11 Desember, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Prof. Dr. Agus Pramusinto melaporkan pelaksanaan tugas-tugas KASN sesuai mandat UU-ASN, antara lain pengawasan pengisian jabatan pimpinan tinggi pada instansi pemerintah; pengawasan netralitas ASN, penegakan nilai dasar ASN dan kode etik dan kode perilaku pegawai ASN, serta pembinaan penerapan sistem merit pada instansi pemerintah agar dapat mewujudkan birokrasi kelas dunia yang didukung SDM-ASN unggul.

“KASN akan mendukung program prioritas Bapak Presiden mewujudkan SDM Unggul termasuk SDM-ASN. Sesuai dengan target rancangan RPJMN 2020-2025 bahwa KASN akan mendampingi instansi pemerintah; kementerian, lembaga dan pemerintah daerah, untuk membangun sistem merit dengan target nasional 100% KL,  85% Pemerintah Provinsi dan 30% Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah mencapai kategori Baik dan Sangat Baik”, ujar Prof Agus Pramusinto.

Dalam kesempatan audiensi dengan Presiden RI, juga disampaikan berbagai tantangan ke depan dalam membangun sistem merit pada instansi pemerintah, seperti pengawasan netralitas ASN pada Pilkada 2020, peningkatan kepatuhan Pejabat Pembina Kepegawaian, dan penempatan jabatan pada birokrasi agar didasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan rekam jejak kinerja dan integritas. Dalam pertemuan dengan KASN, Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Sekretaris Negara Prof. Dr. Pratikno. Sedangkan Ketua KASN didampingi Wakil Ketua Tasdik Kinanto, SH, MH; dan Anggota KASN yakni Prof. Dr. Agustinus Fatem, Dr. Arie Budhiman, Dr. Mustari Irawan.  (Humas/KASN)

JADWAL SHOLAT

 

Government Public Relations

 

Agenda Kegiatan

« February 2020 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29  

Berita Terkini