Penilaian Sistem Merit Selama Work From Home

Written by  Mar 27, 2020

Sebagai bentuk upaya Pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Covid 19, Presiden Jokowi melalui Menteri PANRB telah menginstruksikan bahwa semua ASN dapat bekerja dari rumah (work from home). Komisi ASN sendiri sebagai lemabaga negara telah menindaklanjuti Instruksi Presiden tersebut dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Penyesuaian Sistem Kerja dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Lingkungan KASN. Dengan adanya kebijakan tersebut KASN, melalui Kelompok Kerja Pengawasan Penerapan Bidang  Sistem Merit 2 melakukan peran dan tugasnya untuk melakukan pembinaan sistem merit kepada setiap Instansi Pemerintah (Kementerian/Lembaga Pusat maupun Daerah) melalui video conference. Metode kerja ini diharapakan mampu memutus rantai penyebaran Covid 19.

Komisioner KASN bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah 2 Dr. Mustari Irawan, M.PA menyatakan  bahwa KASN tetap  memantau dan membina sistem merit kepada setiap instansi pemerintahan melalui teknologi Google meeting di saat penerapan WFH ini. “Pelayanan KASN tetap berjalan walaupun pegawai diharuskan bekerja dari rumah” terang Mustari.

Pelayanan kepada Instansi pemerintah juga dilakukan melalui fasilitas Meeting Room menggunakan google meet untuk masing-masing wilayah kemitraan  diantaranya DKI, Banten, Sulsel, Sultra, Maluku dan Sumut. Pelayanan KASN dilakukan dengan koordinasi dan komunikasi kemitraan “Gema  Si Merit” dengan waktu yang ditentukan melalui komunikasi Virtual Google Meet dengan jadwal setiap Kamis dan Jumat, yakni pukul 09.00-10.00 WIB dibuka layanan bagi Prov Maluku, pukul 10.00-12.00 WIB utk Provinsi Banten, pukul 13.00-15.00 WIB utk Provinsi Sultra dan DKI dan pukul 15.00-16.30 WIB utk Provinsi Sumatera Utara. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banten Komarudin mengatakan, penggunaan metode Google meet ini dapat menghemat anggaran Daerah, karena Pemda tidak harus datang ke Jakarta untuk konsultasi dengan KASN. Mustari sendiri mengontrol langsung pekerjaan (rapat, korespondensi, pembahasan, verifikasi) staf Pokja bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah 2 melalui Google Meeting pukul 09.00-16.30 WIB.

Secara teknis, coaching-mentoring pembinaan sistem merit yg telah dibangun KASN melalui aplikasi Sistem Informasi Penilaian Sistem Merit (SIPINTER) dilayani secara online setiap Senin, Rabu, Kamis dan Jumat melalui Google Meet. Dengan kemudahan teknologi yang ada KASN tetap mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat meskipun dalam situasi wabah pandemi virus corona. KASN terus mengoptimalkan sinergitas dan kemitraan membangun sistem merit guna mencapai misi Reformasi Birokrasi dan visi Indonesia Maju dengan keunggulan SDM ASN.

JADWAL SHOLAT

 

Government Public Relations

 

Agenda Kegiatan

« October 2020 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31  

Berita Terkini