Proses Mediasi Bawaslu, KASN, dan Camat Tanggul Kabupaten Jember Berjalan Kondusif

Written by  Jul 10, 2020

Dalam menerbitkan Rekomendasi, KASN selalu mengutamakan adanya bukti dan data yang faktual, selain itu penelusuran data juga dilakukan bila diperlukan. Tahun 2020 Indonesia akan kembali melaksanakan Pesta Demokrasi Pilkada Serentak bulan Desember nanti. Dalam prosesnya KASN telah menerima sejumlah laporan pelanggaran netralitas ASN menjelang Pilkada Serentak Tahun 2020. Kamis (9/7/20) KASN menghadiri Sidang dengan agenda Mediasi Perkara gugatan oleh Muhammad Ghozali terhadap Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Jember, Jawa Timur, dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Proses mediasi berlangsung di Pengadilan Negeri Jember.

 

jember2

 

Setelah persidangan tim KASN terdiri dari Asisten KASN Bidang Pengawasan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Wilayah 1, Agung Endrawan dan Asisten KASN Bidang Pengawasan Penerapan Nilai Dasar Kode Etik, Kode Perilaku, dan Netralitas ASN Iip Ilham Firman melakukan mediasi dengan Ghozali didampingi pengacaranya Mohammad Husni Thamrin di kantor Bawaslu Jember. Turut hadir tiga komisioner Bawaslu Jawa Timur dalam mediasi tersebut yaitu Purnomo Satriyo Pringgodigdo (Divisi Hukum, Data dan Informasi), Nur Elya Anggraini (Divisi Humas dan Hubungan Antarlembaga), dan Muh. Ikhwanudin Alfianto (Divisi Penindakan Pelanggaran). Mediasi berjalan kondusif dan tak ada ketegangan berlebihan. Asisten KASN Bidang Pengawasan Pengisian Jabatan PimpinanTinggi Wilayah 1, Agung Endrawan mengungkapkan bahwa ini merupakan mediasi tahap awal antara KASN dengan Ghozali

“Ini baru tahap awal. kita sama-sama punya itikad baik, kita bicarakan saja. Kami tadi minta (mediasi dilanjutkan) tiga minggu (ke depan), karena kami di KASN sudah banyak kegiatan yang sudah diprogramkan dua minggu ke depan, sehingga kami minta waktu. Tapi sebelum proses final, kami berupaya melakukan pembicaraan seperti apa, yang penting punya niat baik, mudah-mudahan ada hasil,” ucap Endrawan.

Gugatan perdata Muhammad Ghozali terhadap Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Jember, Jawa Timur, dan KASN terkait rekomendasi agar Ghozali dijatuhi sanksi disiplin, karena terbukti melanggar netralitas ASN. Bawaslu Jember menjadi tergugat satu dan KASN tergugat dua.

Last modified on Friday, 10 July 2020 19:10

JADWAL SHOLAT

 

Government Public Relations

 

Agenda Kegiatan

« November 2020 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30            

Berita Terkini