Print this page
Klarifikasi Penilaian Sistem Merit di Kabupaten Kubu Raya. Klarifikasi Penilaian Sistem Merit di Kabupaten Kubu Raya. Jane Kasia/KASN

Klarifikasi Penilaian Sistem Merit di Kubu Raya: KASN Tekankan Pentingnya Beri Penghargaan kepada ASN Berprestasi

Written by  Mar 23, 2021

Berlangsung secara daring, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menggelar klarifikasi penilaian sistem merit di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Selasa (23/3/2021). Klarifikasi tersebut bertujuan membedah satu per satu aspek penilaian yang telah dilakukan Kubu Raya untuk kemudian disempurnakan.

Komisioner KASN Bidang Pengawasan Penerapan Sistem Merit Wilayah 2, Mustari Irawan, mengatakan, verifikasi ini penting dalam membangun pemahaman bersama dalam setiap aspek sistem merit. Ia berharap, ke depannya akan terjalin kolaborasi antara KASN dan Kubu Raya untuk memaksimalkan pengambangan sistem tersebut dalam manajemen ASN. Sebab sistem merit memegang berbagai berperan penting dalam menunjang dan menjamin karier ASN.

“Kita melakukan verifikasi, sekaligus kita membangun persepsi, pemahaman, yang sama antara kami dengan Kabupaten Kubu Raya. Mudah-mudahan pemahaman yang sama itu nanti juga bisa mendorong Kabupaten Kubu Raya untuk bisa memperbaiki apa yang dirasakan masih kurang,” tutur Mustari.

“Lebih jauh dari itu, pada hari ini, kita mencoba membangun kolaborasi dalam rangka membangun sistem merit di Kabupaten Kubu Raya. Kami siap memberikan dukungan kepada Kubu Raya,” sambungnya.

Kubu Raya 07

Merespons Mustari, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kubu Raya, M. Noh Syaiman, menyebut daerahnya selama ini telah menaruh perhatian besar kepada pengembangan sistem merit. Akan tetapi, untuk implementasinya, ia mengaku masih perlu meningkatkan pemahaman yang komprehensif mengenai sistem merit.

Maka dari itu, pada klarifikasi ini, Noh Syaiman berharap mendapat arahan dari KASN untuk memaksimalkan penerapan sistem merit di daerahnya.

Selanjutnya, Asisten KASN Bidang Pengawasan Penerapan Sistem Merit Wilayah 2, Septiana Dwiputrianti, mengklarifikasi satu demi satu aspek dan subaspek penilaian sistem merit yang telah dilakukan Kabupaten Kubu Raya.

Septiana menggarisbawahi pelbagai poin penting, salah satunya adalah perlu adanya pemberian penghargaan dan sanksi kepada ASN. Menurutnya, dua hal itu sangat krusial dalam menunjang kinerja dari masing-masing ASN. Sebab ASN yang berprestasi tidak sewajarnya disamakan dengan mereka yang nihil prestasi. Pemberian penghargaan berperan penting dalam perjalanan karier ASN di masa depan.

Sementara itu, sanksi di sini bukan serta merta diartikan sebagai hukuman. Sanksi yang dimaksud adalah upaya pembinaan agar ASN tersebut dapat berbenah dan berkontribusi maksimal kemudian. “Ini suatu kultur (pemberian penghargaan dan sanksi) yang diharapkan bisa terbangun ke depannya,” ujar Septiana. (NQA/HumasKASN)

Last modified on Tuesday, 23 March 2021 14:18